Kapal Induk Dan Kapal Perusak Rudal China Siap Lakukan Pelayaran Uji Coba

Kapal Induk Dan Kapal Perusak Rudal China Siap Lakukan Pelayaran Uji Coba
Kapal Induk Dan Kapal Perusak Rudal China Siap Lakukan Pelayaran Uji Coba. Kapal induk dan kapal perusak rudal pertama China dilaporkan siap untuk melakukan pelayaran uji coba. Ini memicu spekulasi China tengah membentuk kelompok tempur baru yang kuat.

Kapal perusak bersenjata rudal canggih buatan China yang disebut Tipe 055 dilaporkan berlayar pada Jumat lalu dari Galangan Kapal Jiangnan di Shanghai, seperti dikutip Business Insider dari China Daily, Selasa (28/8/2018). Kapal ini diyakini akan diberi nama Nanchang.

Sementara kapal induk yang diberi nama Tipe 001, sebuah kapal induk buatan China pertama yang diproduksi dan kedua setelah Liaoning, ikut berlayar pada Senin.

Fokus dari uji coba ini, yang kedua tahun ini, adalah sistem propulsi kapal. Namun para analis China yakin uji coba ini juga untuk melihat komando, komunikasi, dan sistem manajemen, serta sistem navigasi dan senjata kapal, seperti dilaporkan oleh Global Times.

Kapal perusak Tipe 055 dengan berat 10.000 ton dan dianggap sebagai kapal perang non tempur terbesar dan paling maju di Asia. Kapal itu diharapkan memainkan peran yang serupa dengan kapal penjelajah kelas Ticonderoga dan perusak kelas Arleigh Burke di Amerika. Kapal ini juga diharapkan berfungsi sebagai pendamping utama bagi kelompok pertempuran kapal induk China, menurut South China Morning Post.

Kapal perusak Cina yang kuat, yang ukurannya lebih dekat dengan kapal penjelajah, memiliki radar X-band dan 112 sel peluncuran vertikal yang disiapkan untuk menembakkan rudal jarak jauh laut ke udara HHQ-9, rudal jelajah anti-kapal YJ-18, rudal jelajah CJ-10, dan torpedo kapal selam rudal yang diluncurkan. Kapal itu juga dipersenjatai dengan 130 juta senjata angkatan laut dan membawa dua helikopter anti-kapal selam.

Saingan utama perusak Tipe 055 adalah kapal perusak kelas Zumwalt Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), yang menawarkan berbagai kemampuan canggih yang lebih unggul dari apa pun yang dimiliki China.

Sedangkan kapal induk Tipe 001A, meskipun mirip dengan pendahulunya yaitu kapal induk era Soviet yang telah diperbaiki, telah mendapat perbaikan di beberapa tempat. Itu dikatakan Matthew Funaiole, seorang pengamat Proyek Tenaga Cina di Pusat Studi Strategis dan Internasional.

“Ia memiliki radar yang lebih baru, sedikit lebih besar, dek penerbangan sedikit lebih besar, kapal ini sedikit lebih kecil, sehingga mereka memiliki lebih banyak ruang. Kapal itu pasti memiliki beberapa peningkatan,” ujarnya.

Tetapi, kemampuan kapal induk yang lebih canggih kemungkinan tidak akan terjadi hingga peluncuran kapal induk ketiga China, yang biasanya disebut sebagai Tipe 002.

Dua kapal tersebut, Tipe 001A dan Tipe 055 destroyer, diperkirakan akan dikirimkan ke Angkatan Laut China tahun depan atau lebih, menurut para ahli militer China. Tipe 055 destroyer kemungkinan besar akan berfungsi sebagai kapal pendamping untuk kapal induk Tipe 001A, menciptakan grup pertempuran baru dengan kemampuan tempur tingkat lanjut.

Namun demikian pengembangan platform tersebut memungkinkan China untuk mendapatkan pengalaman yang lebih besar dengan operasi kapal induk karena berusaha memproyeksikan kekuatan pada jarak yang lebih jauh di luar pantainya.

Comments

Popular posts from this blog

Korut Kirim Surat Ancaman Terkait Pembatalan Pompeo Ke Pyongyang

Terkait Ancaman AS, Rusia Kirim 10 Kapal Perang Ke Suriah

Prancis: Batasi Semua Perjalanan Diplomatnya Ke Iran